Semarang

Ini Perbedaan Semarang Atas dan Bawah

Semarang atas dan Semarang bawah, untuk kamu yang sudah sering ke kota ini atau bahkan tinggal di sini pasti tidak asing dengan istilah tersebut. Namun, untuk kamu yang hanya sesekali atau baru pertama kalinya datang ke kota ini dan menginap di Hotel Sentraland Semarang, mungkin masih bingung.

Sebenarnya istilah tersebut digunakan hanya untuk membedakan wilayah Kota Semarang berdasarkan dari ketinggian wilayahnya saja. Tidak jelas sejak kapan penyebutan tersebut dimulai, tetapi saat ini istilah tersebut sudah sangat terkenal dikalangan warga Kota Semarang. Ada yang menyebutnya dengan istilah tersebut, tetapi ada juga yang menyebutnya dengan kota atas dan kota bawah. Apapun penyebutannya, perbedaan ini membuat Kota Semarang menjadi salah satu provinsi yang unik. Untuk lebih jelasnya, yuk kita bahas lebih lanjut mengenai perbedaan keduanya.

  • Semarang Atas.

Memiliki jalan yang berbukit dengan perkiraan ketinggian 200 mdpl. Lokasinya yang berada di atas ketinggian tersebut membuat suhunya lebih rendah sehingga akan terasa sejuk. Kondisi infrastruktur jalan di Semarang Atas masih kurang baik sehingga untuk mencapai suatu lokasi dari lokasi lain, terkadang kamu harus memutar lebih jauh.

Semarang Atas memiliki beberapa tempat wisata yang menarik, salah satunya yaitu Taman Tabanas Gombel Tembalang. Di sini biasanya akan dipadati pengunjung saat malam hari karena mereka bisa menikmati keindahan lampu Kota Semarang dari atas. Tersedia juga banyak pedagang makanan yang membuat mereka tidak perlu merasa khawatir akan kelaparan saat sedang menikmati pemandangan.

  • Semarang Bawah.

Semarang bawah merupakan pusat kota sehingga tidak mengherankan jika lebih pada dibandingkan dengan Semarang Atas. Apalagi jika kamu melewati Jalan Pandanaran, maka kamu harus siap menghadapi jalanan yang sangat padat atau bahkan mungkin macet. Sebab, ini merupakan salah satu pusat oleh-oleh di Kota Semarang.

Semarang Bawah juga menjadi lokasi pusat pemerintahan dan di sini juga terdapat berbagai fasilitas penting lainnya. Seperti rumah sakit dan sebagainya. Meskipun begitu, Semarang Bawah juga memiliki tempat wisata yang tidak kalah menarik dari Semarang Atas, salah satunya yaitu lawang sewu. Namun, tempat wisata ini hanya boleh dikunjungi ketika pagi hingga sore hari saja.

 

Menarik sekali kan kota ini? Jadi untuk kamu yang belum pernah ke sana, coba deh rencanakan liburanmu dan jangan lupa untuk mengunjungi Semarang Atas dan Bawah untuk langsung mengetahui perbedaannya menurut versimu. Selamat berlibur!

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.