Matik atau Manual, Mana yang Terbaik?

Sebelum memutuskan untuk membeli motor, kamu harus pertimbangkan jenis apa yang kamu akan pilih. Motor bebek atau lebih dikenal dengan motor manual berbeda dengan motor matik. Bila kamu memilih membeli motor matik, jangan lupa untuk menggunakan oli motor matik terbaik untuk motor kamu.

Kamu harus mengenal kedua perbedaan jenis motor ini. Berikut ini adalah berbagai hal yang membedakan antara motor manual dengan motor matik.

  1. Bobot bodi motor

Motor matik cenderung lebih kecil atau ringan. Banyak dari masyarakat memilih untuk menggunakan motor matik karena bodi yang dapat dibawa untuk bergerak lincah dalam segala medan. Terlebih jalanan ibu kota yang tidak pernah lepas dari kemacetan jalan, motor matik sesuai untuk digunakan dalam medan ini. Sedangkan motor manual mempunyai bentuk yang sedikit lebih besar dan lebih kokoh. Tubuh dari motor ini tentu lebih mengutamakan kenyamanan duduk bagi pengendara juga penumpang dibelakangnya.

  1. Penggunaan oli

Keduanya juga memiliki kebutuhan oli yang berbeda. Ada hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih oli motor. Motor manual membutuhkan oli motor yang berfungsi dalam meningkatkan daya gesekan kopling supaya tidak mudah terselip. Sedangkan motor matik membutuhkan oli motor yang mengandung zat aditiv sebagai peningkatan pelumasan oli supaya performa dari motor matik maupun tarikannya tetap meningkat.

  1. Mesin

Bagi kamu yang senang dengan tarikan motor yang kuat serta kemudahan dalam hal perawatan, motor manual tentu menjadi pilihan yang cukup baik untuk kamu. Motor manual dapat diakui lebih mudah untuk di service serta di rawat karena sifatnya yang lebih terbuka. Sedangkan motor matik lebih rumit karena tertutup. Mesin motor matik juga cukup sulit dalam hal tarikan. Motor ini tidak cocok di bawa untuk medan ekstrim serta terlalu bergelombang.

  1. Transmisi

Motor matik lebih mudah untuk dikendarai. Kamu tidak perlu untuk mengubah-udah transmisi motor dengan mengendarai motor ini. Sedangkan untuk motor manual, kamu perlu mengubah gigi atau transmisinya. Motor ini lebih tangguh dalam tanjakan atau medan yang tidak terlalu stabil.

Dengan perbedaan tersebut, mana yang sesuai dengan pilihan kamu? Selamat beraktivitas (VIKW)

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.