Peraturan Penting Saat Melintas di Rel Kereta

Melintas di rel kereta api, memang perlu kewaspadaan dari para pengemudinya. Betapa tidak, jika pengemudi menerobos langsung jalanan tersebut, tentu dapat membahayakan keselamatan pengemudi. Bahkan, tidak sedikit dari pengemudi yang kehilangan nyawa saat berniat untuk melewati rel kereta padahal sudah diberi tanda jika ada kereta yang mau lewat. Tentunya Anda tidak mau mengalaminya, kan? Apalagi, kematian seperti ini tidak akan membuat ahli waris Anda mendapatkan uang pertanggungan meskipun Anda memiliki asuransi jiwa terbaik sekalipun.

perlintasan pintu kereta apiMaka dari itu, ketika melewati rel kereta, ada baiknya Anda harus memerhatikan beberapa aturan ini terlebih dahulu, seperti dikutip melalui modifikasi.com. Check it out:

  1. Pastikan Anda tidak menerobos palang rel kereta api, apabila palang tersebut sudah ditutup. Meskipun kereta api masih terlihat jauh, namun jangan pernah berniat untuk melewatinya sedikitpun. Takutnya, nanti malah ada kereta api yang datang dari arah yang berlawanan dan menabrak kendaraan Anda.
  2. Biasanya, jika tanda suara di pos penjagaan rusak, maka petugas akan memberikan tanda melalui rambu lalu lintas. Nah, jika Anda melihat jika lampu kuning saling berkedip, itu artinya Anda disuruh untuk berhenti karena akan ada kereta yang lewat. Pastikan Anda tidak mengabaikan tanda ini, jika Anda tidak ingin nyawa melayang.
  3. Jangan dengarkan musik ketika hendak melewati rel kereta api. Mengapa? Saat Anda tetap melantunkan musik apalagi dengan suara keras, nantinya malah membuat Anda tidak bisa mendengar suara peringatan dari pos kereta jika ada kereta yang akan lewat.
  4. Usahakan selalu sabar menunggu kereta api yang lewat. Dan jika terdapat kemacetan, janganlah pernah maju ke depan. Nantinya, malah bisa menabrak kendaraan lain ataupun melewati batas yang sudah ditentukan untuk pengendara.
  5. Nah, jika jalanan rel kereta api yang Anda lalui tidak terdapat plang peringatan untuk berhenti, maka sebelum melintasi rel tersebut Anda harus melihat kanan kiri. Ini dilakukan untuk mengecek apakah ada kereta yang lewat atau tidak.

So, selalu hati-hati ketika melewati rel kereta api ya, guys! –SH–

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.