Merawat Pintu Geser Agar Tak Cepat Rewel

Bukan hanya di perkantoran, kini beragam model pintu sliding juga kerap digunakan untuk rumah. Selain modelnya yang terlihat modern, pintu sliding atau pintu geser tak memakan banyak ruang, sehingga cocok digunakan pada ruangan yang tidak terlalu besar. Meski demikian, pintu geser juga memerlukan maintanance yang tepat dan rutin agar tidak mudah rusak. Namun tenang saja, perawatannya tidak susah dan bisa kamu intip di bawah ini!

  • Mencegah pintu seret

pintu slidingSalah satu kelemahan pintu geser yang sering terjadi adalah susah untuk dibuka-tutup karena seret. Biasanya, pintu yang seret disebabkan oleh railing yang kotor atau berkarat. Bisa juga dikarenakan karena roda tidak berjalan lancar. Untuk menghindari masalah ini, kamu harus rajin-rajin mengecek roda dan sekrup pada pintu.

  • Mengatasi pintu seret

Jika di kemudian hari pintu geser tetap sulit dibuka-tutup, maka kamu dapat mengatasinya dengan cara ini; angkat sedikit pintu ke atas dengan menggunakan obeng, lalu longgarkan sekrup yang mengaitkan pintu dan railing. Saat pintu diangkat sedikit ke atas, kamu bisa membersihkan railing dan roda dengan kuas. Atau jika kotoran sudah mulai berkerak, kamu bisa menggnakan air sabun atau cuka. Pastikan kamu melakukan hal ini dengan hati-hati ya!

  • Mencegah pintu berderit

Terkadang meskipun pintu geser mudah dibuka dan ditutup, pintu tersebut tetap menimbulkan suara berderit yang mengganggu. Oleh sebab itu, kamu harus membuka dan menutup pintu dengan hati-hati, sebab menggeser pintu dengan kasar bisa membuat frame cepat rusak dan mengakibatkan suara berderit.

  • Mengatasi pintu berderit

Namun jangan khawatir, jika pintu sudah terlanjur berderit, masih ada berbagai cara untuk mengatasinya. Misalnya dengan menyemprotkan minyak aerosol atau pelumas pada railing pintu atau memasang penahan yang terbuat dari busa atau sejenisnya dan direkatkan di sepanjang tepi pintu geser atau pada frame dan kusen pintu.

  • Merawat material pintu

Untuk pintu geser dengan material kaca, kamu harus sering-sering membersihkan pintu dengan pembersih khusus agar kaca tak mudah kotor. Sedangkan untuk pintu geser dari kayu, kamu perlu membersihkannya dengan cairan anti rayap agar awet.

Semoga bermanfaat! (Rima)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.