Mengenal Sejarah Makanan Tapas di Spanyol

Ketika berlibur ke Spanyol, kamu pasti akan menemukan banyak kata ‘tapas’ di bar, restoran, atau bahkan kafe yang ada di sana. Bagi turis seperti kamu, kata ‘tapas’ ini memang terdengar asing. Namun selidik punya selidik, tapas ternyata sudah menjadi bagian dari kebudayaan Spanyol, lho. Untuk itu, meskipun kamu menggunakan Paket Liburan ke Eropa, yuk kenali apa itu tapas agar kamu bisa mencicipi pengalaman berlibur yang seutuhnya di Spanyol!

makanan tapas
makanan tapas

Dalam bahasa Spanyol, tapas berasal dari kata ‘tapa’ yang artinya ‘penutup’. Sesuai dengan namanya, tapas ini merupakan makanan penutup yang biasanya disajikan bersama bir, di atas penutup gelas. Meskipun demikian, sekarang ini tapas lebih sering disajikan dalam piring kecil. Di Spanyol, tapas mengacu pada makanan-makanan dalam porsi kecil dan tidak terbatas pada satu jenis kudapan saja. Ada banyak makanan yang bisa dikategorikan dalam kategori tapas. Entah itu keju, kraker, potongan seafood, salad, dan masih banyak lagi.

Biasanya, masyarakat Spanyol mengonsumsi tapas ini sambil minum bir dan sambil berkumpul bersama teman di restoran atau kafe. Beberapa bar menyediakan tapas secara gratis yang akan diberikan pada pembeli saat mengantar minuman pesanan mereka. Namun demikian, tak sedikit restoran, bar, dan kafe, yang memasukan tapas dalam daftar menu dengan harga berbeda-beda. Satu porsi tapas biasanya dihargai dengan sangat murah, namun jika kamu memesan tapas di restoran yang high class, bersiaplah untuk merogoh kocek lebih karena tapas akan dibanderol dengan harga yang cukup mencekik leher.

Ada banyak kisah yang melatarbelakangi kemunculan tapas. Salah satunya adalah kisah Raja Alfonso. Masyarakat Spanyol percaya bahwa tapas bermula dari kebiasaan Raja Alfonso di sekitar abad 13, yang senang mengonsumsi snack di atas piring kecil. Ia pun kemudian mengeluarkan perintah agar bar-bar di Spanyol menyediakan kudapan kecil ini di atas penutup gelas sebagai teman minum bir.

Tapas sangat populer di Spanyol sehingga tak sulit untuk menemukannya. Tertarik untuk mencoba tapas ini? Jangan sampai lupa untuk mencicipinya saat kamu liburan ke Spanyol!

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.