Waspadai Ancaman di Balik Hipertensi

Bagi Anda yang sudah menjadi pemegang polis asuransi jiwa terbaik, mungkin merasa tenang karena sudah mendapatkan proteksi terbaik dari perusahaan asuransi. Namun, jangan lupa, bahwa asuransi tersebut hanya memproteksi Anda dan ahli waris dari kerugian finansial saat Anda mengalami musibah hingga tidak lagi bisa mencari penghasilan. Bukan berarti melindungi Anda dari ancaman kematian. Itulah sebabnya, meskipun Anda sudah menjadi pemegang polis, wajib bagi Anda untuk tetap menjaga kesehatan.

cek hipertensiSayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan beberapa jenis penyakit karena menganggapnya biasa dan tidak berbahaya, salah satunya adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Mereka cenderung cuek dan tidak secara serius menangani masalah kesehatan ini ke dokter ketika menemukan tekanan darahnya berada di atas normal. Padahal, kondisi ini sangatlah berbahaya jika tidak ditangani secara serius. Sebab, menurut situs klikdokter, ada beberapa ancaman penyakit lain yang bisa mengikutinya, yaitu:

  • Gangguan jantung

Tekanan darah yang meninggi akan menyebabkan kerja jantung semakin berat. Jika hal ini tidak segera diatasi dengan cara yang tepat, maka akan menyebabkan jantung menjadi lelah dan akhirnya lemah. Semakin dibiarkan, akan berakibat pada penyempitan pembuluh darah atau kegagalan jantung. Kondisi ini biasanya ditandai dengan rasa lelah berkepanjangan, napas yang pendek, dan adanya pembengkakan di kaki.

  • Stroke

Selain berbahaya bagi organ jantung, hipertensi juga bisa menyebabkan terjadinya stroke. Sebab, pembuluh darah yang paling sering terkena imbas (mengalami penyempitan) dari hipertensi ini adalah area jantung dan otak, meskipun sebenarnya bisa menyerang pembuluh darah bagian manapun.

  • Gagal ginjal

Organ lainnya yang juga berisiko mengalami masalah adalah ginjal. Hal ini terjadi ketika penyempitan pembuluh darah terjadi pada ginjal. Masalah kesehatan ini ditandai dengan beberapa gejala, seperti sulit buang air kecil atau sering buang air kecil namun sedikit, munculnya rasa sakit di perut, dan keluarnya darah saat buang air kecil atau buang air besar.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, hipertensi bisa berimbas pada pembuluh darah manapun, dan dampak yang ditimbulkan akan berbeda pada setiap orang. Bergantung pada area mana pembuluh darah yang terkena imbas dari hipertensi. Selain dari jantung dan otak, hipertensi juga bisa menyebabkan gangguan penglihatan atau bahkan buta permanen ketika pembuluh darah kecil yang ada pada mata mengalami kerusakan akibat hipertensi.

Akan tetapi, untuk Anda yang tidak memiliki riwayat hipertensi, tetapi hipotensi juga tidak bisa tenang. Sebab, ternyata ada beberapa jenis hipotensi dan penyebabnya yang memiliki dampak berbahaya juga pada tubuh. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mengecek tekanan darah Anda secara rutin, khususnya bagi Anda yang sudah memiliki riwayat masalah pada tekanan darah. (Vita)

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.