beli mobil

Yuk, Jadi Pembeli Cerdas! Ini Kunci Sukses Kredit Mobil

Mengajukan kredit mobil merupakan salah satu cara yang sering digunakan masyarakat untuk mendapatkan mobil impian. Pasalnya, harga mobil yang terus melambung membuat sebagian besar orang enggan untuk mengeluarkan uang di muka demi memboyong kendaraan roda empat ini. Alhasil, mencicil mobil menjadi jalan keluarnya. Ditambah lagi, kemunculan berbagai perusahaan pembiayaan di Indonesia semakin mempermudah proses pembelian mobil.

Hanya saja, kredit mobil tanpa perencanaan justru bisa membawa dampak negatif untuk keuangan keluarga nantinya. Untuk itu, menjadi pembeli cerdas merupakan kunci agar Anda bisa melakukan kredit mobil tanpa mengganggu cash flow keluarga. Begini caranya:

  1. Tipe mobil yang sesuai kebutuhan. Sebelum tergoda dengan berbagai tipe dan jenis mobil yang beragam, sebaiknya tentukan dulu kebutuhan Anda. Akan digunakan untuk apa mobil tersebut? Apakah digunakan untuk kebutuhan pribadi, untuk keluarga, atau justru untuk kebutuhan bisnis? Tentunya, beda kebutuhan maka beda juga jenis mobil yang diperlukan. Jika Anda sudah tahu kebutuhannya, maka Anda bisa lebih mudah dalam menentukan tipe mobil yang hendak dibeli.
  2. Harga beli dan jual. Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan sebagai pembeli yang cerdas adalah harga beli dan juga harga jual kembalinya. Beberapa jenis mobil yang timeless dan banyak digemari masyarakat biasanya akan memiliki harga jual kembali yang tidak terlalu jauh dari harga beli. Nah, jika Anda memang berniat untuk upgrade atau menjual mobil Anda ke depannya, baiknya pertimbangkan hal ini juga, ya. Psst, jangan lupa untuk mengecek harga mobil incaran Anda di pasaran!
  3. Perhitungkan harga total. Anda sudah menentukan mobil yang ingin dibeli, di mana Anda membelinya, dan sudah menentukan perusahaan pembiayaan yang diinginkan, kini saatnya memperhitungkan harga total yang harus dibayarkan. Ingat, selain menghitung harga beli mobilnya, Anda juga harus memperhitungkan bunga, serta biaya-biaya lain yang harus dikeluarkan. Perhitungan detail sejak awal akan membuat Anda lebih teliti dan juga jeli dalam mengatur keuangan ke depannya kelak.
  4. Masa cicilan. Terakhir, jangan lupa untuk mempertimbangkan masa cicilan. Sebagai pembeli cerdas, Anda sudah harus punya rencana ke depan: berapa lama cicilan mobil ini akan selesai. Bagaimana cara perhitungannya? Mudah saja: gunakan simulasi cicilan yang biasa disediakan oleh penyedia pembiayaan. Cek apakah cicilan setiap bulannya masih sanggup Anda bayarkan atau justru memberatkan. Dan jangan lupa untuk mengecek suku bunganya: menggunakan suku bunga tetap atau tidak tetap.

Itu dia empat kunci sukses untuk kredit mobil. Yuk, jadi pembeli yang cerdas agar masa cicilan Anda tidak memberatkan di kemudian hari 😊 Semoga membantu, ya!

 

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.