garam

Ingin Meningkatkan Sistem Imun Tubuh? Hindari Kebiasaan Makan Ini

Sistem imun merupakan hal yang menjadi perhatian khusus di era pandemi seperti sekarang. Pasalnya, sistem imun yang kuat akan melindungi Anda dari bahaya terpapar virus corona. Atas alasan inilah, banyak masyarakat yang kemudian berlomba-lomba untuk memperkuat imun tubuh mereka dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, rajin berjemur, minum vitamin, dan masih banyak lagi.

Hanya saja, di tengah-tengah usaha untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ada hal sederhana yang terlewat namun dapat menurunkan imun. Salah satunya adalah kebiasaan makan seseorang. Menurut situs Health, beberapa kebiasaan tersebut adalah:

  1. Mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak garam. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh University Hospital of Bonn, ditemukan fakta bahwa mengonsumsi terlalu banyak garam dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, ginjal akan mengeluarkan kelebihan natrium yang kemudian menyebabkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi bakteri akan berkurang. Sebagai catatan, batasan natrium yang boleh dikonsumsi oleh orang dewasa adalah 2.300 miligram per hari. Untuk itu, jangan lupa cek selalu kadar konsumsi garam harian Anda, ya!
  2. Konsumsi gula berlebih. Tak hanya garam, mengonsumsi gula berlebih juga bisa menurunkan daya tahan tubuh Anda. Menurut The American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi gula melebihi batas yang disarankan dapat menurunkan kemampuan sel tubuh dalam melawan bakteri. Bahkan dampak tersebut bisa langsung terjadi setelah satu atau dua jam mengonsumsi gula.
  3. Minum kopi atau teh melebihi jumlah yang disarankan. Kopi dan teh tak bisa disangkal sudah menjadi ‘teman’ sehari-hari bagi sebagian besar orang. Sebetulnya, tak ada yang salah dengan konsumsi kafein, asalkan tidak berlebihan. Saat Anda mengonsumsinya lebih dari jumlah yang disarankan, siklus tidur akan terganggu yang kemudian akan berdampak pada penurunan daya tahan tubuh.
  4. Kurang mengonsumsi sayur. Seperti yang sudah Anda ketahui, sayur memiliki banyak kandungan vitamin serta serat yang sangat baik untuk tubuh. Sayuran hijau mengandung nutrisi penting untuk meningkatkan sistem imun tubuh karena mengandung senyawa bioaktif yang dapat melepaskan sinyal kimia. Senyawa ini kemudian akan mengoptimalkan kerja usus, di mana 70-80 persen sel kekebalan tubuh diproduksi.

Itu dia kebiasaan makan yang sebaiknya dihindari agar tidak menurunkan sistem imun tubuh. Semoga membantu dan selamat mencoba!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.