buah berry

Makanan yang Bisa Menjaga Kadar Gula Darah

Meskipun sudah melindungi diri dengan asuransi all in one, bukan berarti Anda bisa hidup seenaknya dan melupakan kesehatan. Gaya hidup pun harus tetap dijaga, semata agar tubuh tetap bugar dan terhindar dari berbagai penyakit. Anda tentunya tidak mau dong terkena diabetes meski masih muda? Oleh sebab itu, mulai deh rajin berolahraga dan perhatikan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Berikut ini kami rekomendasikan beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kadar gula darah harian Anda. Dijamin, makanan-makanan berikut ini bisa membantu mencegah rasa lapar berlebihan dan membuat Anda kenyang lebih lama. Cek daftarnya, ya:

  1. Sayuran segar. Tak hanya menyehatkan, sayuran juga mengandung serat dan bisa mengontrol kadar gula darah Anda. Disarankan untuk memilih sayuran yang rendah karbohidrat seperti jamur, bawang, terung, tomat, kubis, dan juga labu.
  2. Buah berry. Tahukah Anda? Satu cangkir buah berry mengandung 15 gram karbohidrat yang baik untuk tubuh. Buah ini bisa Anda jadikan camilan harian untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan asupan yang dibutuhkan. Tak hanya dikonsumsi secara langsung, buah berry juga bisa dicampurkan dengan yoghurt atau sereal.
  3. Kacang-kacangan. Beragam kacang-kacangan seperti kacang kering, kacang polong, kacang lentil, dan juga kacang hitam bisa dimasukkan ke dalam menu harian Anda. Pasalnya, kacang-kacangan ini mengandung serat yang bisa membuat Anda tak makan berlebihan. Dengan demikian, Anda akan terus merasa kenyang.
  4. Sedikit lemak. Meski lemak seringkali dicap sebagai makanan yang tak baik, bukan berarti makanan yang mengandung lemak tak boleh dikonsumsi. Beberapa makanan yang mengandung lemak juga mampu untuk mengontrol kadar gula darah Anda, seperti minyak zaitun, alpukat, dan juga ikan salmon. Jangan khawatir dengan kandungan lemaknya, sebab lemak yang terkandung dalam makanan ini adalah lemak sehat, kok.
  5. Mengandung protein. Terakhir adalah makanan yang mengandung protein. Yoghurt, keju, telur, dan juga daging mengandung protein yang baik untuk kesehatan Anda. Hanya saja, tetap berhati-hati ya saat memilih makanan yang mengandung protein. Sebab tak jarang di dalam makanan tersebut juga mengandung sodium yang justru bisa berbahaya bagi penderita diabetes.

Itu dia beberapa makanan yang bisa membantu menjaga kadar gula darah Anda. Semoga membantu dan selamat mencoba, ya!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.