radiator mobil

Mau Merawat Radiator Mobil, Begini Caranya!

Salah satu penyebab mesin mobil mengalami overheat adalah karena radiator bocor. Radiator sendiri merupakan komponen utama pada mobil yang berfungsi sebagai sistem pendingin. Adanya radiator ini dapat mencegah terjadinya overheat karena itulah sebagai pemilik mobil Anda harus benar-benar menjaga komponen satu ini karena sangat rentan rusak. Sekalipun Anda rutin ganti oli mobil dan menggunakan kelas spare part mobil original sekalipun, jika mengabaikan komponen radiator ini tentu saja dapat mempercepat kerusakan mobil.

Untuk itu, rawatlah radiator mobil Anda dengan melakukan beberapa hal berikut ini, check it out: (source: seva.id)

  1. Kuras tangki radiator. Rutinlah selalu menguras tangki radiator mobil Anda. Tujuan melakukan ini adalah untuk menghindari risiko radiator mengalami korosi. Selain itu, menguras tangki juga dapat membantu menjaga temperatur radiator agar tetap berada pada angka normal sehingga bisa terhindar dari yang namanya overheat. Pengurasan ini bisa dilakukan minimal dua minggu sekali, dengan begini tentu radiator mobil pun tidak akan mengalami kerusakan.
  2. Cek volume air radiator. Pastikan untuk mengecek volume air pada sistem radiator mobil Anda. Jangan sampai air pada radiator berkurang akibat penguapan karena bisa mengganggu kinerja sistem sirkulasi radiator. Untuk itu, perhatikan betul volume air radiator ini atau lebih baik volumenya berada di tengah-tengah antara low dan full. Dengan demikian, tentu bisa menghindari terjadinya overheat.
  3. Tidak memakai air keran. Ketika mengisi air untuk radiator sebaiknya jangan menggunakan air keran di rumah. Ini karena air keran mengandung zat besi yang cukup tinggi, apabila dimasukkan ke dalam komponen radiator maka dapat mengakibatkan terjadinya korosi. Di samping itu, air keran juga bisa memunculkan karatan pada saluran air radiator karena itulah sangat tidak dianjurkan.
  4. Manfaatkan radiator coolant. Jika tidak diperbolehkan memakai air keran, maka solusinya adalah memanfaatkan radiator coolant. Selain dikhususkan untuk radiator, radiator coolant ini bisa membantu mengangkat semua kotoran maupun karat yang menempel pada tangki radiator. Oleh karena itu, Anda sangat dianjurkan untuk menggunakannya pada mobil. Namun demikian, ketika memutuskan memakai komponen satu ini, sebaiknya pilihlah jenis yang cocok untuk mobil Anda.

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan ketika merawat radiator mobil. Semoga bermanfaat! –SH–

 

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.