Rawat Mobil Anda dengan Tips Mudah Berikut Ini!

Mobil masuk bengkel memang bisa membuat jengkel. Bagaimana tidak, kita harus mengeluarkan banyak uang hanya untuk perbaikan. Apalagi, kalau yang rusak adalah truk angkutan barang, tentu ini bisa menghalangi kegiatan pengiriman maupun pengambilan barang. Untuk itu, rutinlah selalu merawat mobil maupun truk Anda, agar tidak keseringan masuk bengkel dengan melakukan beberapa hal penting berikut ini, check it out:

  1. Rutinlah mengganti filter udara pada bagian kabin mobil maupun truk Anda. Filter udara merupakan komponen di dalam kendaraan yang berfungsi untuk menyaring udara dari luar kendaraan sehingga udara yang masuk tidak akan mengganggu kinerja mesin kendaraan.
  2. Selalu cek komponen-komponen selang yang terdapat pada mesin mobil. Lihat, apakah ada selang rusak maupun aus. Jika ada, segera ganti selang tersebut dengan yang baru agar nanti tidak mengganggu komponen lainnya.
  3. Cek apakah ada kotoran maupun karatan di bagian aki, kelistrikan, dan kabel mobil. Pentingkah? Yap, karena jika bagian ini kotor ataupun rusak bisa mempercepat kerusakan karena itu sangat penting untuk dicek.
  4. Jangan lupa, periksa komponen wiper di mobil Anda. Wiper merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membersihkan kaca bagian depan maupun belakang mobil. Pastikan, komponen satu ini dalam keadaan kondisi baik karena jika tidak bisa menggores kaca mobil Anda. Saran, gantilah komponen ini setidaknya satu kali dalam setahun.
  5. Pastikan, Anda rutin mengecek bagian ban mobil sekurang satu bulan sekali. Tujuannya untuk mencegah ban licin yang bisa memicu terjadinya kecelakaan.
  6. Anda juga disarankan memeriksa oli mobil beserta power steering, rem oli, dan transmisi. Sebab komponen satu ini sangat berperan penting pada mesin mobil, bila oli sudah tidak bagus tentu bisa mengganggu kinerja mesin tersebut.
  7. Rajinlah selalu membersihkan komponen busi pada mobil Anda. Ini dilakukan untuk menghindari kerusakan mesin akibat busi kotor maupun sudah karatan.
  8. Dan gantilah oli mesin sesuai aturan yang diberlakukan misalkan untuk mesin sintetis jarak tempuh sekitar 9.600 km atau mesin konvensional 6.400 km.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan agar mobil maupun truk Anda tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat! –SH–

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.