Tips Berkendara Aman, Hindari Blind Spot!

Penggunaan kendaraan di Indonesia dapat dikatakan cukup tinggi. Terlebih penggunaan kendaraan besar seperti mobil serta truk Indonesia. Semakin besar bobot tubuh sebuah kendaraan maka semakin besar juga blind spot yang terdapat dari sudut pandang pengguna kendaraan tersebut. Blind spot adalah titik atau area yang tidak dapat dijangkau mata karena ukuran dari kendaraan yang besar menutupi kemampuan penglihatan mata.

Ada baiknya bagi Anda pengguna jalan raya atau pengguna kendaraan untuk menaati peraturan lalu lintas dengan baik. Aturan yang dibentuk adalah untuk menghindari pengguna dari kejadian di luar ekspektasi. Rambu lalu lintas pastinya telah dipaparkan secara jelas di setiap sudut dari akses jalan tersebut.

Selain menaati peraturan berkendara, Anda juga harus mengetahui beberapa hal tentang cara berkendara aman bila Anda sedang berdekatan dengan kendaraan besar. Simak beberapa hal di bawah ini!

  1. Selalu tenang, jangan panik atau melakukan hal yang tidak perlu

Bila pada kondisi tertentu Anda melihat atau merasa ada mobil atau truk yang sedang melaju kencang dari belakang Anda, tetap tenang. Tambah kecepatan berkendara Anda dengan hati-hati dan tidak terburu-buru. Anda juga harus menemukan tempat yang cukup luas untuk menepi. Persilahkan mobil atau truk tersebut untuk mendahului Anda. Hal tersebut membuat Anda akan lebih tenang menghadapi lajunya kendaraan besar dari belakang.

  1. Sadar akan kegunaan klakson atau kedipan lampu kendaraan

Klakson atau kedipan lampu adalah sebuah tanda yang diberikan oleh sesama pengguna kendaraan atau jalan. Bila kamu harus mendahului kendaraan lain, beri tanda berupa bunyi klakson atau kedipan lampu pada kendaraan Anda. Hal tersebut membuat pengguna lainnya sadar akan apa yang Anda maksud atau sekedar untuk mengetahui posisi Anda.

  1. Beri jarak, jangan terlalu ‘mepet’

Saat berkendara, beri jarak antara kendaraan Anda dengan yang ada di depan Anda. Menjauh dari blind spot yang ada pada kendaraan tersebut, buat jarak aman agar Anda dapat menghindar dari peluang gerakan tiba-tiba seperti rem dadakan atau hal lainnya.

Patutnya Anda pengguna kendaraan sudah harus mengerti tentang cara berkendara yang aman. Keamanan berkendara akan membuat Anda dan pengguna lainnya juga nyaman. Selamat beraktivitas! (VIKW)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.