perawatan kulit

Skincare Routine yang Penting Itu Apa Saja, Sih?

Beberapa tahun belakangan ini, perawatan kulit dan wajah kian bervariasi karena kehadiran beragam produk skincare. Bukan cuma satu atau dua, tapi lima, tujuh, bahkan sepuluh tahap perlu dilakukan seseorang untuk mengaplikasikan seluruh produk paket rutinitas perawatan kulit hariannya. Ini belum termasuk pilihan variasi produk dari puluhan merek lokal maupun internasional yang menyediakan produk-produk perawatan kulit.

Nah sebetulnya, skincare routine yang paling penting itu apa saja, sih? Ingin tahu jawabannya? Simak ulasannya berikut, yuk!

Kenapa pakai skincare dan jenis produk yang paling utama

Ada beragam alasan di balik keputusan seseorang untuk menggunakan paket perawatan kulit atau skincare routine. Beberapa ingin menghilangkan bekas luka atau tanda ketidakwajaran pada wajah, seperti bercak hitam atau inflamasi jerawat. Sebagian lagi ingin memiliki kulit yang senantiasa baik dalam kondisi apa pun.

Namun, tidak semua pengguna skincare routine tahu produk mana yang paling penting dan mana yang bisa diabaikan untuk perawatan kulit wajahnya. Melansir situs Healthline, produk perawatan wajah rutin yang diperlukan sebetulnya cukup empat macam, yaitu:

  1. Pembersih adalah produk skincare pertama yang penting untuk digunakan. Pembersih berguna untuk mengangkat kotoran-kotoran yang menempel pada kulit wajah, terutama ketika seseorang baru saja dari luar ruangan atau rumah. Intensitas membersihkan kulit wajah cukup dua kali sehari. Sebab jika lebih dari itu, minyak alami untuk menjaga kelembapan wajah justru bisa hilang. Tips: pilih produk pembersih yang tidak meninggalkan rasa kencang pada kulit setelah pemakaian.
  2. Serum adalah pelembap ringan dengan konsentrasi tinggi yang bertujuan untuk mengantarkan bahan-bahan kuat langsung ke kulit. Produk ini penting digunakan dalam skincare routine sebab bisa sangat efektif untuk menangani masalah-masalah perawatan kulit tertentu, seperti kerutan pada wajah. Produk serum kaya akan vitamin C, growth factors, atau peptida adalah jenis serum yang baik untuk di pagi hari atau keperluan di bawah paparan sinar matahari. Sedangkan produk serum kaya akan etinol atau retinoid yang diresepkan baik untuk penggunaan malam hari.
  3. Pelembap atau moisturizer berfungsi untuk mempertahankan kelembapan kulit wajah agar tidak terlalu kering atau berminyak. Ini penting supaya jerawat atau masalah kulit lain pada wajah dapat teratasi. Tips: pilih produk pelembap yang cocok dengan tipe kulit wajah—apakah kering, normal, atau berminyak.
  4. Tabir surya. Tabir surya atau sunscreen penting sekali digunakan untuk menangkal paparan sinar matahari pada kulit. Sebab selain memunculkan bercak-bercak hitam, dalam jangka panjang sinaran ultraviolet juga bisa memicu kanker kulit. Oleh sebab itu, jangan lupakan produk skincare yang satu ini.

Itulah dia 4 macam produk skincare routine yang paling penting untuk kulit wajah. Tak masalah jika kamu ingin menambah ragam produk skincare kamu. Akan tetapi, jangan lupakan keempat produk dasar di atas, ya. Semoga informasi dan tips di atas bermanfaat! (AP)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.