Etika dan Perangai Korea Selatan yang Harus Anda Perhatikan

Akhir tahun seringkali menjadi tanggal dimana banyak diadakan Travel Fair yang menawarkan paket – paket liburan dengan harga menarik, salah satunya paket liburan ke Korea. Seperti diketahui, kini banyak masyarakat Indonesia yang melakukan perjalanan liburan ke Negeri Ginseng tersebut akibat ledakan budaya pop Korea di seluruh penjuru negeri.

budaya korea selatanNamun demikian, sebelum liburan ke negara ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu, di antaranya:

  • Pertemuan awal

Pada pertemuan awal atau pertama kali, ada baiknya jika Anda membungkuk sebagai tanda hormat sebelum menjabat tangan. Semakin tinggi jabatan orang yang Anda temui, maka akan semakin baik jika Anda membungkuk dengan derajat yang lebih besar. Ketika Anda berjabat tangan, gunakan tangan kiri untuk menopang tangan kanan yang berjabat tangan.

  • Nama dan Panggilan

Di Korea Selatan, nama mereka terdiri dan tersusun dari family name (surname), family name kedua, dan given name. Di sana, anda termasuk sangat tidak sopan jika Anda belum mengenal seseorang dengan akrab dan dekat dan memanggil mereka dengan menggunakan nama kecil atau given name mereka kecuali mereka sendiri yang ingin dipanggil demikian. Selain menggunakan nama keluarga, mereka juga lebih memilih untuk dipanggil menggunakan title profesi mereka seperti ‘dokter’, ‘insinyur’, dan lain sebagainya.

  • Personal Space

Pada umumnya warga KorSel sangat tidak menyukai apabila disentuh oleh orang asing dan tidak dikenal akrab oleh mereka. Sentuhan yang dimaksud adalah tepukan di bahu hingga pelukan. Pelukan hanya dibatasi untuk keluarga dan sahabat karib.

  • Hadiah
    Warga KorSel sangat suka memberi dan menerima hadiah. Apabila Anda berkunjung ke rumah teman di Korea dan membawa hadiah, baiknya jangan membungkusnya menggunakan warna gelap atau warna merah. Dan jangan pula menggunakan tinta merah untuk menulis kartu ucapan karena untuk warga KorSel merah melambangkan pemutusan hubungan atau kematian. Pastikan, hadiah yang diberi harganya murah. Nah, ketika Anda memberi hadiah maupun menerima hadiah tersebut, gunakan lah kedua tangan namun jangan langsung membuka hadiah tersebut. Tunggu lah hingga si pemberi hadiah pergi atau tidak lagi hadir di tempat.
  • Larangan Umum Lainnya

Jangan menggunakan sepatu ketika masuk ke dalam rumah ataupun tempat keagamaan. Jangan makan atau minum sambil berjalan di temapt public. Jangan menggunakan tinta merah dalam keadaan apapun. Tinta merah dikhususkan bagi warga KorSel untuk menulis nama yang sudah meninggal. Dan apabila Anda menggunakan tinta merah untuk mengirimkan hadiah, maka Anda akan dianggap mendoakan kematian kepada penerima hadiah. Sama halnya dengan angka empat dan jumlah empat. Jangan memberikan barang atau hadiah dengan jumlah 4 karena hal ini dianggap membawa ketidakberuntungan dan kematian bagi warga KorSel dan penerima hadiahnya.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda berkunjung ke Korea. Namun, tidak hanya di Korea, sebelum liburan di Pulau Bali Anda juga harus memahami beberapa aturan. Lantaran, jika Anda melakukan kesalahan, tentu akan menyalahi aturan yang sudah dibuat daerah tersebut.

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.