anak dengan diabetes

Faktor Risiko dan Lingkungan Diabetes pada Anak

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa anak-anak dan bayi juga dapat menderita diabetes. Ketika tubuh anak tak dapat lagi memproduksi hormon insulin atau ketika tubuhnya tak dapat menggunakan insulin yang diproduksi oleh tubuh dengan baik, maka diabetes telah berkembang di dalam tubuhnya. Secara kuantitatif, tipe diabetes yang menyerang anak adalah diabetes tipe 1. Untuk mengetahui apakah anak menderita diabetes, Anda selaku orang tua perlu melakukan cek gula darah anak secara berkala—terlebih bila terdapat riwayat diabetes pada keluarga Anda atau pasangan Anda. Atau, jika mau, Anda juga bisa mencari tahu tanda-tanda anak dan bayi menderita diabetes.

Melansir Mayo Clinic, penyebab pasti diabetes tipe 1 masih belum diketahui. Namun, penderita diabetes tipe ini lazimnya memiliki “kerusakan” pada sistem imun tubuhnya. Organ pada penderita diabetes tipe 1 ini keliru menghancurkan sel-sel penghasil insulin (sel islet) di pankreas. Sehingga, tubuh anak Anda hanya mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Meski begitu, faktor keturunan serta lingkungan memiliki andil yang besar terhadap hadirnya diabetes dalam tubuh seseorang.

Apa sajakah faktor risiko dan lingkungan yang menyebabkan diabetes tipe 1 pada anak?

Faktor-faktor risiko diabetes tipe 1 pada anak adalah sebagai berikut:

  • Riwayat keluarga. Faktor ini dikenal juga dengan faktor keturunan. Seorang anak dengan salah satu orang tua atau saudara (kakak atau adik) yang memiliki diabetes tipe 1 memiliki risiko mendapatkan penyakit yang sama.
  • Kerentanan genetika. Kehadiran satu gen tertentu dalam tubuh seorang anak dapat menunjukkan peningkatan risiko diabetes tipe 1.
  • Rumpun bangsa seorang anak juga memiliki faktor risiko diabetes tipe 1. Di Amerika Serikat, contohnya, diabetes tipe 1 lebih umum menyerang anak berkulit putih bukan ras Hispanic dibandingkan dengan ras-ras lain.

Sedangkan faktor lingkungan diabetes tipe 1 pada anak adalah sebagai berikut:

  • Virus tertentu. Paparan sejumlah virus yang beterbangan di udara dapat memicu penghancuran autoimun sel islet di pankreas.
  • Diet—atau pola makan. Sejauh ini, belum ada panganan spesifik yang meningkatkan risiko diabetes tipe 1 pada anak. Akan tetapi, terlalu dini mengonsumsi susu sapi terbukti dapat meningkatkan risiko penyakit ini. Sebaliknya, mengonsumsi ASI dapat menurunkan risiko tumbuhnya diabetes tipe 1 pada anak.

Itulah dia beberapa faktor risiko dan faktor lingkungan diabetes tipe 1 yang menyerang anak-anak. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.