batuk

5 Buah Ini Bisa Bantu Redakan Batukmu, Lho!

Semua orang pasti pernah mengidap batuk. Penyakit pada jalan pernapasan atau paru-paru ini sebetulnya bisa bantu tubuh kamu keluarkan lendir, mikroba, sampai benda asing dari saluran pernapasanmu. Akan tetapi, batuk yang kronis atau terus-menerus bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-harimu. Untung saja, sakit yang dapat di-cover oleh asuransi rawat jalan ini dapat diredakan dengan mengonsumsi beberapa buah-buahan segar.

Apa saja, sih, jenis buah bernutrisi baik itu? Yuk temukan jawabannya di bawah ini!

  • Nanas. Apakah kamu kaget menemukan nanas dalam daftar ini? Tak heran, sih, sebab buah kuning satu ini kadang kala menimbulkan rasa gatal di tenggorokan sewaktu dikonsumsi. Hanya saja, nanas memiliki enzim bromelain yang bisa memecah penggumpalan dahak di tenggorokan. Jadi, buah satu ini efektif untuk redakan batuk berdahak, ya.
  • Jeruk nipis. Buah kecil satu ini pastinya tidak asing lagi buat kamu. Sebab, jeruk nipis sering kali dicampurkan dengan kecap manis sebagai obat tradisional untuk redakan batuk. Resep ini sebetulnya tidak lepas dari kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis, yang mampu melemaskan otot-otot pernapasan dan melembapkan tenggorokan (Hello Sehat). Jadi, buah satu ini sangat efektif untuk redakan penyakit batuk, terutama yang kering berkepanjangan penyebab tenggorokan perih dan gatal.
  • Lemon. Seperti mayoritas buah bergenus citrus, lemon memiliki kandungan vitamin C yang melimpah. Nutrisi ini bagus untuk membantu sistem imun menghentikan infeksi virus atau bakteri penyebab batuk. Tak cuma itu, vitamin C juga punya sifat antioksidan, yang bagus untuk meningkatkan perlindungan sel-sel tubuh terhadap serangan molekul radikal bebas yang berbahaya, dan mempercepat pemulihan pemulihan luka pada tubuh; termasuk peradangan karena batuk.
  • Apel.  Sebab, buah satu ini mengandung banyak vitamin C dan zat flavonoid yang efektif mendukung pemulihan berbagai penyakit pernapasan penyebab batuk, seperti PPOK, bronkitis, dan emfisema. Sebuah riset medis bahkan menemukan fakta bahwa mengonsumsi apel secara rutin bisa memperbaiki fungsi paru-paru secara keseluruhan, lho!
  • Alpukat.  Soalnya, buah berwarna hijau ini punya banyak kandungan nutrisi, salah satunya adalah asam oleic yang dapat membantu kurangi risiko peradangan di saluran pernapasan.

Itulah dia macam-macam buah yang bisa bantu redakan batuk kamu. Selain kelima buah di atas, jambu biji, kiwi, dan tomat juga bisa jadi ‘obat’ dari batuk kamu, ya. Semoga bermanfaat!

 

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.