wanita hamil

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Punggung Pada Ibu Hamil

Munculnya rasa sakit pada punggung merupakan hal yang umum dialami oleh ibu hamil. Beberapa di antaranya bahkan harus menjalani perawatan ke klinik spine Jakarta untuk mengatasi masalah tersebut. Biasanya perawatan dibutuhkan jika sakit yang dirasakan sudah sangat berlebihan atau karena ibu hamil memang sudah memiliki riwayat penyakit tertentu terkait tulang punggung.

Namun, apa saja sih sebenarnya penyebab munculnya rasa sakit pada punggung saat hamil? Dan bagaimana cara mengatasinya? Melansir dari situs alodokter, berikut ini di antaranya:

  • Perubahan hormon

Saat hamil, tubuh memproduksi hormon relaksin yang membuat ligamen rileks sehingga persendian menjadi longgar. Produksi hormon ini merupakan bagian dari persiapan yang dilakukan tubuh untuk persalinan nanti. Melonggarnya ligamen dan otot pada area panggul inilah yang menyebabkan rasa nyeri di punggung.

  • Pertumbuhan bayi

Semakin bertambahanya usia janin dalam kandungan, maka ukurannya juga akan membesar. Kondisi ini akan membuat pembuluh darah menjadi tertekan sehingga muncul rasa nyeri pada tulang punggung.

  • Pertambahan berat badan

Tulang punggung berfungsi sebagai penopang tubuh. Saat hamil, ibu hamil pasti akan mengalami kenaikkan berat badan, kecuali jika memang terdapat masalah pada kesehatannya. Hal ini aakan membebani tulang belakang sehingga muncul rasa sakit.

Lalu bagaimanakah caranya untuk bisa mengatasi atau setidaknya mengurangi munculnya rasa sakit di area punggung saat hamil? Berdasarkan situs nhs.uk, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan:

  1. Hindari membungkuk saat akan mengambil barang, melainkan dengan cara menekuk lutut
  2. Jangan mengangkat benda yang berat
  3. Hindari menengokkan badan tetapi balikkan seluruh tubuh saat akan melihat ke arah belakang
  4. Angkat beban secara merata pada sisi kanan dan kiri saat harus mengangkat barang
  5. Duduk dalam posisi yang tegak
  6. Istirahat dalam jumlah yang cukup
  7. Lakukan olahraga atau senam ibu hamil yang ditujukan untuk mengatasi masalah ini

Namun, segera periksakan diri ke dokter kandungan yang dipilih untuk memantau kondisi kehamilan Anda ketika rasa sakit ini benar-benar mengganggu. Atau ketika munculnya rasa sakit disertai dengan keluhan lainnya, seperti demam, pendarahan, dan sebagainya.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.