sakit kepala

Punya Riwayat Penyakit, Bagaimana Perawatannya di Masa Pandemi?

Pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung sejak awal tahun 2020 sangat memengaruhi masyarakat di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Salah satunya terkait kebiasaan dalam merespon penyakit. Dulu, banyak orang yang akan langsung memanfaatkan asuransi kesehatan individu miliknya ketika memiliki gejala suatu penyakit, meskipun hanya flu atau batuk. Namun sekarang, banyak yang memilih untuk tetap menjalani pengobatan di rumah kecuali memang gejalanya cukup parah. Alasannya karena ingin mengurangi intensitas pergi ke tempat umum dan bertemu banyak orang, seperti saat di rumah sakit.

Lalu, bagaimana dengan seseorang yang sudah memiliki riwayat penyakit dan biasanya melakukan kontrol rutin ke rumah sakit secara berkala?

Untuk seseorang dengan kondisi seperti itu, cdc memberikan beberapa saran agar kondisi kesehatan Anda tetap aman dan Anda juga terhindar dari risiko tertular COVID-19, yaitu:

  • Tetap berusaha untuk menjaga kesehatan
  • Lanjutkan konsumsi obat rutin dan jangan pernah mengubah treatment plan yang sudah biasa Anda lakukan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu.
  • Lanjutkan proses perawatan penyakit sesuai dengan yang dianjurkan oleh pihak kesehatan
  • Pastikan Anda memiliki suplai obat yang cukup, setidaknya untuk 2 minggu (atau lebih jika dibutuhkan)
  • Segera hubungi pihak layanan kesehatan atau dokter yang menangani Anda ketika merasakan adanya gejala tentang kondisi kesehatan Anda atau sakit
  • Jangan pernah menunda untuk menghubungi rumah sakit ketika Anda mengalami kondisi darurat

Jika seandainya kondisi kesehatan Anda memang mengharuskan Anda tetap melakukan kontrol rutin ke rumah sakit, maka wajib untuk lebih memperhatikan lagi protokol kesehatan. Selain itu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Booking online. Lakukan pendaftaran secara online agar dapat menghemat waktu dan mempersingkat waktu Anda berada di rumah sakit.
  • Pilih waktu sepi. Ada baiknya Anda pergi pada saat weekdays karena biasanya lebih sepi daripada weekend. Kecuali jika dokter langganan Anda memang tidak memiliki jadwal weekdays.
  • Taati protokol kesehatan. Tentunya, Anda harus menggunakan masker saat berada di area rumah sakit.
  • Jika Anda datang kontrol karena memiliki gejala yang menyerupai COVID-19, jujurlah pada petugas. Menutupi keadaan yang sebenarnya hanya akan menyebabkan kondisi semakin parah dan menyulitkan rumah sakit.

Semoga kita semua sselalu diberikan kesehatan, ya!

 

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.